Meluruskan Niat

30 Mar 2011

Menjelang sore menemani nenek nonton tv, kebetulan acaranya infotainment, sebenernya siiih males banget nonton acara begituan, tapi yaa demi nenek tercinta gak apa lah sesekali nengokin artis-artis tanah air ciyeeehhh baru tau kalo syahrini punya mobil sport baru, trus gading martin balik lagi sama astrid tiar, KD & Raul resepsinya serba putih kayak bengkoang n gaun pernikahannya KD rancangan Vera Wang busyeeetttt !!!

Ditengah2 nonton nenek saya bilang, sayang ya Anang sama KD harus bercerai.. (duhh nenek, itu mah udah basi ceritanya). Dulu itu niat mereka sebelum pernikahan apa ya? Kalo niat sebelum menikah itu bukan karena untuk ibadah ya seperti itu.. Kata-kata nenek membuat saya berpikir lagi, bener juga ya

Sebuah pernikahan atau apapun perbuatan kita, jika dilandasi niat karena kebaikan biasanya hasilnya akan lebih baik. Karena setiap usaha yang kita kerjakan akan bernilai ibadah dimata Tuhan. Contohnya ya seperti pernikahan itu, jika sedari awal kita menikah dilandaskan niat untuk baik , maka setiap upaya dalam menjalani rumah tangga yang baik akan bernilai ibadah dihadapan Nya. Walaupun belum tentu niat yang baik itu juga akan menghasilkan ending yang baik menurut kita, noted menurut kita , karena sesungguhnya hanya Tuhan yang Maha Tahu apa yang terbaik untuk diri kita. Tapi setidaknya dengan niat yang baik itu tadi, menjadikan setiap usaha dan pengorbanan kita bernilai lebih.

Lalu masalahnya, memang ada ya pernikahan yang tidak dilandasi dengan niat yang baik?? Jawabannya ya saya kurang tau juga, belum pernah survey sih hee.. hee.. hee.. Niat itu kan didalam hati dan hanya diri kita sendiri yang tau pasti niat kita itu. Nah, sekarang obyeknya saya sendiri deh based on true story, waktu sebelum melaksanakan pernikahan dulu, niat saya menikah karena saya tidak bisa berpaling ke lain hati dari sosok calon suami dan kami pun sudah merasa siap untuk menjalin mahligai rumah tangga, walaupun gambaran rumah tangga itu sendiri masih samar-samar juga sih hehehhe.. saya membayangkan bisa menjadi pendamping yang baik untuk seorang prajurit dengan segala dinamika kehidupannya. Niat saya sebelum menikah itu memang termasuk kategori yang baik (menurut saya), tapi jujur aja niiiihhh kalo sampai niat menikah karena ibadah terus terang belum sampai kesana.

Setelah kehidupan berumah tangga itu kami jalani, ternyataaa.. memang kebanyakan tak seindah dalam angan n harapan, apalagi nih harus menjalani hidup dengan lika-liku kehidupan dunia militer yang sangat-sangat merubah pola kehidupan saya sebelumnya. Saya harus mengorbankan banyak hal untuk bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan suami. Awalnya memang terasa amat berat, bahkan saya sempat merasa tidak terima. Sedih berkepanjangan dan hampir saja menyesal..

Kehidupan manusia kan ada tahapannya dong ya dan saya sungguh berharap saya bisa mencapai tahapan yang lebih baik di setiap pertambahan waktu. Merenung kembali petuah nenek saya, yang sebelumnya juga sudah pernah disampaikan ibu saya kepada saya, bahwa kembalikanlah atau luruskanlah niat sebelum menikah, niatkan pernikahan ini adalah untuk beribadah kepada Nya. Jadi segala pengorbanan yang telah dilakukan tidak akan terasa sia-sia karena merupakan salah satu upaya kita dalam mengharapkan pemuliaan dari Nya. Kalau kita menikah karena misal, hartanya atau kerupawanannya, atau karena status sosialnya maka semua itu bisa lenyap kapanpun dan kita bisa dikecewakan karenanya dan sebaik-baiknya pengharapan hanya lah kepada Tuhan sang pemilik kehidupan.

Begitu juga untuk urusan merawat titipan Tuhan, yaitu anak-anak terkadang kalo lagi tergoda pikiran jelek suka gak sabar juga, apalagi pas anak kecil-kecil repooot banget, belum lagi semua urusan domestik“ yang gak kalah merepotkan. Tapi ya itu tadi kalo pengalaman saya sih coba kembali meluruskan niat, jadi bisa lebih sabar dan hati lebih ringan untuk menjalaninya. Meluruskan niat menurut saya langkah sederhana yang bisa kita lakukan dalam upaya perbaikan diri. Perbaikan diri itu dimulai dari hal sederhana kan ya.. dan dimulai dari diri sendiri :)


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive